Halaman

Minggu, 18 Maret 2018

Membuat gambar pipa 3D di Autocad



Salam sejahtera bagi kita semua, apa kabar kawan-kawan HMS?

Semoga terik mentari dan hiruk pikuknya realita tidak menghalangi kita untuk lebih produktif lagi dan semoga langkah kita selalu dalam bimbingan Tuhan Yang Maha Esa. Disela-sela rutinitas saya kali ini, saya ingin membagikan langkah-langkah dalam menggambar Pipa 3D solid dalam Autocad dengan memanfaatkan perintah SWEEP.

Fungsi SWEEP

Perintah sweep adalah salah satu jurus :D dalam membuat objek 3D dengan menggunakan path. Sweep biasa digunakan dalam pembuatan objek pipa/piping, biasanya teman-teman dari mechanical sudah tak asing lagi dengan perintah ini. Namun bagi seorang engineer menjadi suatu hal yang wajib untuk mengenal segala perintah dalam Autocad, hal itu karena adanya keterkaitan dalam bidang pekerjaan mereka. Mereka akan bergelut dalam pembuatan gambar yang tentunya di zaman sekarang telah dipermudah dengan program komputer, seperti Autocad ini.

Langkah-langkah :




  • Buatlah objek lingkaran  dengan diameter yang telah di tentukan, anda bisa membuatnya dengan ketik : c,klik di lembar kerja, enter, lalu masukan jari-jari lingkarannya, enter.
  • Buatlah objek lingkaran untuk diameter luar dan diameter dalam pipa, saya membuat 2 cm (luar) dan 1,6 cm (dalam). Untuk mempermudah, anda gunakan perintah offset, ketik : O, enter, masukan jarak offset/ketebalan pipa (saya masukan 2mm), enter, klik objek lingkaran dan arahkan kursor ke dalam lingkaran, klik kiri.
  • Buatlah garis dengan perintah line dan tentukan Panjang/kemiringan pipa. Disini saya membuat pipa dengan kemiringan 45ยบ dengan Panjang 25 cm, caranya ketik : L, enter, klik dibagian middle point, ketikan ( <45 ) enter, masukan Panjang garis, enter. Sebelum anda membuat garis miring, pastikan ORTHO dalam keadaan OFF. Anda bisa mengaturnya di draft setting/ketik DS, object snap atau bisa juga dengan ketik F8.


Menggunakan SWEEP

  • Ketik : sweep, enter, klik 2 buah object lingkaran  yang sudah anda buat tadi, enter, klik objek garis
  • Lakukan pada objek garis satunya lagi 

Melubangi pipa
  •   Ketik : Su (subtract), enter, klik pipa bagian luar, enter, klik pipa bagian dalam, enter.


Pipa sudah terlubangi



Karena disini ada dua buah garis : garis miring dan garis lurus. Maka akan terlihat sekali bentuk patahan pada obect 3D solid kita nanti, untuk mengakalinya saya akan menggabungkan dua buah object garis tersebut dengan perinah UNION. Perintah UNION adalah perintah untuk menggabungkan object gambar 3D. Caranya, ketik : union, enter, klik object pipa 1 dan pipa 2, enter

    pipa sudah menyatu
   


     Selamat mencoba kawan-kawan !!!





penulis : Hendri Nila Kandi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar