Halaman

Sabtu, 03 Februari 2018

MENGGAMBAR RUMAH 3D DI AUTOCAD




Apakabar semuanya...

Alhamdulillah saya masih diberikan kesempatan dalam melakukan aktivitas seperti biasanya. Dikesempatan kali ini saya ingin membuat tutorial tentang gambar 3D di autocad.

Dalam tutorial ini, saya akan membuat objek rumah 3D yang nantinya kalian semuanya bisa berlatih dan mencoba lebih banyak dalam penggunaan software Autocad ini. Langusung aja...


Buat denah seperti ini, kreasikan sesuai yang kalian mau.



Disamping kiri, ada gambar denah yang sudah saya buat. Lalu di samping kanan adalah objek gambar yang akan dijadikan dinding dengan perintah Extrude. Syaratnya, dalam melakukan Extrude garis-garis sudah terhubung semua, jika kalian membuat garis-garis dengan Line, lakukan perintah Pedit untuk menggabungkannya. Apabila garis-garis yang kalian buat dengan perintah polyline, maka kalian hanya perlu menggunakan perintah join untuk menghubungkannya.


Lakukan perintah extrude dengan mengetik : Ext, enter, klik garis luar, enter, klik garis dalam, enter, masukan ketinggian dinding, enter.


Lakukan perintah Subtract untuk melubangi objek solid, ketik : Su, enter, klik garis luar, enter, klik garis dalam, enter. (Bagian atasn yang sudah berlubang)


Membuat kusen jendela dan pintu, Ketik : ext, klik garis luar, enter, klik garis dalam, enter, masukan angka ketebalan kusen, enter. 


Melakukan Subtract, Ketik : su, enter, klik garis luar (objek kusen yang sudah ter-Extrude), enter, klik garis dalamnya lagi, enter.


Objek solid yang sudah disubtract


Melubangi dinding untuk penempatan kusen, buatlah garis sesuai dengan ukuran kusen yang sudah anda buat tadi. Garis ini akan di tempatkan di tempat penempatan kusen dan jendela nanti. Untuk memindahkan objek, ketik M (move) enter, klik titik acuan (objek yang ingin dipindahkan), klik titik acuan ketempat yang ingin objek anda berpindah.



Objek sudah dipindahkan dibagian permukaan dinding. Setelah melakukan perpindahan objek ke tempat yang diinginkan, selanjutnya kita lakukan perintah Extrude lalu men-subtractnya. Ketik, ext, enter, klik objek kusen yang berbentuk garis yang sudah menempel di permukaan dinding, enter, masukan angka -200 (tanda – agar arah objek yang di extrude menebal ke arah belakang memasuki dinding. Karena dalam perintah subtract, 2 buah objek solid haruslah bertemu).



Melakukan subtract, objek garis yang sudah di extrude tadi akan berubah menjadi objek solid. Objek solid ini yang kita perlukan untuk dilakukannya perintah subtract dalam pembuatan lubang penempatan kusen nanti. Ketik : su, klik objek solid jendela, enter, klik objek dinding, enter.



Dinding sudah terlubangi, selanjutnya pindahkan objek solid kusen di tempat yang sudah dibuat.



Membuat bagian atap, atap yang saya buat disini adalah atap Dak. Buat lah seperti gambar dibawah ini.  Anda bisa membuatnya mudah dengan perintah pl (polyline) untuk garis-garis terhubung, rec (rectangel) objek kotak dan offset untuk menggandakan objek 2d, pedit dan join untuk menggabungkan garis-garis.



Extrude objek tadi, ketik : ext, enter, klik garis-garis tadi, enter, masukan ketinggiannya. Pindahkan dengan perintah m (Move) objek atap ke bagian atas dinding.



Gambar yang sudah jadi dengan penambahan Material dan Rendering.

Waktu Rendering : 51.03 menit



Ayo! Buatlah gambar-gambar menarik lainnya dengan autocad! Terus berlatih dan jangan lupa KOPI !





Penuilis: Hendri Nila Kandi



2 komentar: