Halaman

Jumat, 16 Februari 2018

MEMBUAT POHON DENGAN CUTOUT/OPACITY DI AUTOCAD

Salam sejahtera buat rekan-rekan dan kakak-kakak HMS-ITI, alhamdulillah saya masih bisa menyempatkan waktu untuk membuat tutorial ini untuk kalian semua yang saya cintai dan banggakan.

Awal saya menggeluti gambar 3d di autocad, saya sangat iri rasanya apabila melihat gambar-gambar dari teman-teman komunitas 3d artist yang sangat realistik. Dari hal itu kemudian, mendorong saya untuk mengulik lebih dalam fungsi-fungsi dalam autocad demi memuaskan hasrat saya dalam membuat gambar-gambar indah dalam bentuk 3d.

Dan untuk saat ini, saya ingin memuaskan hasrat saya dalam membantu rekan-rekan/kakak-kakak yang mungkin mempunyai hal yang sama seperti yang saya rasakan dulu, berikut :

Buat objek (rectangle) seperti ini dengan ukuran sesuai keinginan.


Objek kotak tadi, kita (extrude) dengan ketebalan sesuai keinginan. Ini saya buat agar tampak seperti taman saja.


       Penambhana material/texture 
       view, render, material.


        Klik panah berwarna merah untuk membuat list material.
Klik panah berwarna biru untuk memilih texture/material yang ingin digunakan
Klik panah berwarna hijau untuk mengaktifkan opacity/cutout, pilihlah texture yang sama seperti texture di panah biru !!!


       Membuat plannar surface
Ketik : planesurf, enter, klik titik awal, masukan dimensi yang diinginkan. Contoh: 300(lebar), ketik ( , ), 800(tinggi), enter.



 Memutar objek dengan 3d rotate
Klik : Modify, 3d oprations, 3d rotate, klik objek yang ingin diputar.
Putar objek searah sumbu z dengan kemiringan disesuaikan, ini berguna agar gambar pohon nanti dapat dilihat dari sudut pandang miring.


Menyesuaikan ukuran texture
Klik : view, render, material, klik adjust scale (tanda merah), klik fit to object.
Klik : apply material (tanda biru), klik objek plannar surface (tanda hijau)


      Membuat efek cahaya matahari
Klik : view, light, sun properties.


       Mengatur arah sinar matahari
Klik : view, render, light, geographic location
(Tanda kotak merah adalah pengaturan arah cahaya matahari)

   Rendering
Klik : view, render




Ada 2 jenis texture, pertama adalah textute bawaan dari autocad dan kedua adalah texture dari file kita sendiri.
jadi anda bisa menggunakan texture sesuai keingingan anda dengan mendownload texture nya di google dengan catatan: "texture objek yang menggunakan opacity/cutout ini harus dalam format file jpeg/jpg

Semoga Bermanfaat
tunggu tutorial-tutorial selanjutanya
salam sipil!!








penulis: Hendri Nila Kandi









Tidak ada komentar:

Posting Komentar